Senin, 07 Mei 2012

Daging Merah Picu Diabetes


Penyakit kelebihan kadar gula darah atau diabetes mudah menyerang siapa saja. Asupan makanan yang tak seimbang, obesitas, dan kurang olahraga saat usia muda, menjadi pemicunya. Menurut para peneliti di di Harvard School of Public Health, Amerika Serikat, mengonsumsi dua iris daging bacon, sepotong hot dog, atau seporsi daging deli setiap hari, dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Penelitian yang dilakukan terhadap 204.000
perawat itu diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition. Selain itu, mengonsumsi 50 gram daging merah olahan setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 51 persen, dan makan 100 gram daging merah ukuran setumpuk kartu setiap hari meningkatkan resiko sebesar 19 persen.

Kabar baiknya, resiko tersebut bisa berkurang jika daging merah diganti kacang, daging unggas, susu rendah lemak, atau makanan mengandung protein gandum. "Hasil penelitian ini memiliki implikasi kesehatan besar pada publik yang dapat memicu diabetes tipe 2 dan peningkatan konsumsi daging merah di seluruh dunia," ujar Frank Hu.


Menurut Badan Pencegahan Penyakit di AS, hampir 350 juta orang dewasa di seluruh dunia mengalami kelebihan kadar gula darah. Lebih dari 11 persen atau 25,6 juta orang dewasa di Amerika Serikat dengan usia lebih dari 20 tahun terdeteksi mengidap penyakit itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar