Senin, 07 Mei 2012

Hormon Seks Pria Tingkatkan Risiko Kanker Hati


Kanker merupakan penyakit multifaktor, yang berarti punya banyak penyebab mulai dari kebiasaan merokok hingga gaya hidup tidak sehat. Salah satu hormon seks pria yakni androgen juga meningkatkan risiko kanker, khususnya kanker hati.

Para peneliti dari
Chinese University di Hong Kong baru-baru ini menemukan faktor pencetus kanker hati pada pria. Salah satu hormon seks pria yakni androgen memicu mutasi gen di hati yang bisa berkembang menjadi kanker melalui mekanisme tertentu.


Gen yang bermutasi adalah
Cell Cycle-Related Kinase (CCRK), yang pada pria aktivitasnya dikendalikan oleh hormon androgen. Makin banyak struktur DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) pada CCRK yang bermutasi, makin besar peran androgen dalam memicu kanker hati.

"Temuan ini mejelaskan mengapa selama ini kanker hati lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan pada wanita," ungkap seorang pakar genetika yang terlibat dalam penelitian tersbeut, Mok Hing-yiu seperti dikutip dari
Straitstimes, Kamis (21/7/2011).

Menurut perkiraan organisasi kesehatan dunia atau WHO, jenis kelamin memang berhubungan dengan risiko beberapa jenis kanker terutama kanker hati. Dalam kondisi umum yang sama, pria memiliki risiko 3 kali lebih tinggi dibanding wanita untuk terkena kanker hati.


Terungkapnya faktor lain yang memicu kanker hati diyakini akan sangat bermanfaat dalam upaya pencegahan, mengingat angka kematian akibat kanker hati sangat tinggi. Saat ini, kanker hati ada di urutan ke-3 jenis kanker paling mematikan setelah kanker paru dan kanker usus.


Wilayah tertentu seperti China dan Jepang memiliki jumlah kasus kanker hati yang lebih tinggi dibanding wilayah lain dan hingga kini tidak diketahui pasti mengapa bisa demikian. Sementara di Amerika Serikat, kanker hati menjangkiti 19.000 orang/tahun dengan korban tewas 17.000 orang/tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar