Senin, 07 Mei 2012

Sumber Nutrisi Dalam Aneka Makanan Sehat

Makanan yang enak belum tentu mengandung nutrisi yang diperlukan bagi tubuh.  Terkadang nutrisi dalam makanan justru menjadi berkurang bahkan hilang karena kesalahan dalam proses penyimpanan maupun pengolahannya.  Banyak makanan sehat yang justru mudah dalam pengolahan dan tetap tinggi kandungan nutrisinya.

Piramida Nutrisi
Dalam penentuan aneka makanan sehat, kita dapat mengelompokkannya di dalam piramida nutrisi.  Pengelompokkan aneka makanan ini untuk memudahkan di dalam penyajian atau  jumlah asupan yang disarankan (serving suggestion) per harinya.  Piramida nutrisi ini juga berguna terutama untuk menyusun menu bagi balita dan ibu hamil.
Kebutuhan nutrisi ini harus sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan setiap harinya untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.  Terutama bagi Balita yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, jumlah asupan nutrisi yang tepat dan seimbang sangatlah penting.
Berikut ini jumlah atau takaran nutrisi yang disarankan dalam piramida nutrisi berdasarkan dari paling bawah/paling banyak, yaitu:
  • Biji-bijian

    Aneka makanan sehat yang mengandung nutrisi yang berasal dari jenis serealia atau biji-bijian ini antara lain: roti, pasta, nasi dan lainnya yang mengandung karbohidrat.  Jenis makanan ini dapat dikonsumsi lebih banyak dibandingkan dengan jenis aneka makanan yang lain.  Saran penyajian jenis asupan nutrisi makanan ini adalah eat liberally atau porsi makan tidak dibatasi dan dikonsumsi setiap hari.
  • Sayur-sayuran

    Sayur-sayuran yang mengandung nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, juga membantu di dalam proses metabolisme tubuh.  Kandungan serat juga air serta nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral, sangat baik untuk tubuh.

    Sumber nutrisi ini berasal dari berbagai macam sayuran, oleh karena itu biasakanlah untuk membuat variasi sayuran untuk dikonsumsi setiap harinya.  Sayuran yang baik dimakan adalah sayuran yang masih segar, tepat di dalam pengolahan maupun penyiapannya.
  • Buah-buahan

    Buah-buahan sebagai sumber nutrisi juga sangat penting bagi tubuh.  Kandungan air serta vitamin dan mineral dalam buah-buahan baik bagi kesehatan tubuh.  Konsumsi buah-buahan menempati jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan sayur-sayuran. 
  • Susu

    Susu juga termasuk dalam piramida nutrisi yang harus dipenuhi oleh setiap orang.  Tapi tidak hanya susu yang berlemak saja, tetapi juga disarankan untuk mengkonsumsi susu yang tidak berlemak maupun yang rendah lemak.  Susu adalah sumber kalsium yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang, terutama bagi balita.
  • Daging dan kacang-kacangan

    Daging dan kacang-kacangan sebagai sumber nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh.  Hanya saja, dalam piramida nutrisi ini, daging dan kacang-kacangan terletak di paling atas, atau hanya dikonsumsi dalam jumlah yang kecil saja. Konsumsi lemak yang berlebihan kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar