Senin, 07 Mei 2012

Mengenal Diabetes dan Jenis Jenis Diabetes Sejak Dini

Penyakit diabetes sering dijuluki dengan ”silent killer”. Seringkali orang terlambat mengetahui bahwa dirinya telah menderita penyakit diabetes. Karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai penyakit ini, termasuk jenis jenis diabetes.
Diabetes merupakan penyakit dimana tubuh mengalami kelainan metabolisme yaitu dalam hal mengolah makanan menjadi sumber energi dan pertumbuhan.
Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi sumber energi bagi tubuh. Di dalam lambung dan usus, sebagian besar makanan akan diuraikan menjadi glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh.
 
Glukosa yang telah terbentuk melalui proses pencernaan selanjutnya akan terbawa oleh aliran  darah dan selanjutnya digunakan untuk pertumbuhan dan sumber energi oleh sel tubuh. Proses masuknya glukosa ke dalam sel tubuh dapat terjadi hanya jika terdapat insulin, yaitu hormon yang dihasilkan oleh pankreas, kelenjar besar yang terletak di belakang lambung.
Saat seseorang menderita penyakit diabetes, kasus yang terjadi adalah insulin yang diproduksi pankreas terlalu sedikit, tidak ada insulin  yang diproduksi, atau bisa juga sel tubuh  tidak merespon  hormon insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas. Akibatnya, glukosa yang seharusnya diserap oleh tubuh menjadi tertimbun dalam darah dan menyebabkan penyakit diabetes.
 
<p>Your browser does not support iframes.</p>
Jenis Jenis Diabetes

Diabetes dibagi menjadi tiga jenis utama, yaitu :

• Tipe 1
Pada penderita diabetes jenis 1, sel-sel beta pankreas penghasil insulin tidak lagi memproduksi insulin atau hanya memproduksi sedikit insulin. Diabetes type 1 sering ditemukan terjadi pada anak-anak dan remaja.

Penyebab :
  1. Adanya faktor keturunan atau genetika
  2. Adanya faktor auto-immune yaitu sisitem kekebalan tubuh menyerang dan merusak sel beta pankreas tempat insulin diproduksi.
  3. Adanya virus atau zat kimia yang merusak kumpulan sel di dalam pankreas
Perawatan :
  1. Melakukan suntikan insulin
  2. Memperbaiki fungsi kerja pankreas
• Tipe  2
Salah satu dari jenis jenis diabetes adalah diabetes tipe 2. Penyakit ini merupakan jenis diabetes yang paling banyak ditemui dan dapat diderita oleh sembarang umur.

Kasus yang terjadi pada penderita jenis 2 ini adalah sel tubuh tidak dapat memanfaatkan hormon insulin dengan baik. Selanjutnya setelah beberapa tahun, akan terjadi penurunan produksi insulin. Akibatnya, glukosa tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh dan  hanya menumpuk di dalam darah.

Penyebab :
  1. Faktor genetik atau keturunan
  2. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.
  3. Tingginya kadar kolesterol
  4. Jarang melakukan olah raga
  5. Kelebihan berat badan (obesitas)

Perawatan :
  1. Memperbaiki fungsi kerja pankreas. Dalam banyak kasus, dirangsang dengan meminum pil (bukan insulin). Namun hal ini tidak bisa dilakukan terus menerus.
  2. Memperbaiki pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat
  3. Melakukan diet yang sesuai dengan jenis penyakit karena lemak dalam tubuh dapat menyerap insulin
  4. Melakukan olahraga secara teratur
• Diabetes gestational (masa kehamilan)
Diabetes jenis ini biasanya hanya terjadi pada masa kehamilan, namun ada juga kemungkinan berkembang setelah bayi dilahirkan. Diabetes jenis ini disebabkan oleh hormon kehamilan atau kurangnya hormon insulin selama masa kehamilan.

Gejala Umum Diabetes

Walau jenis jenis diabetes terdapat lebih dari satu, umumnya semuanya memiliki gejala yang sama. Biasanya orang yang menderita diabetes tidak mengetahui bahwa dirinya telah menderita diabetes, terutama penderita diabetes tipe 2. Karena itu sangatlah penting untuk mengetahui gejala-gejala umum diabetes.
Gejala-gejala diabetes yang sering terjadi antara lain:
  • Merasa sering haus / haus yang berlebihan
  • Sering buang air kecil
  • Mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba
  • Merasa sering lapar, lelah, pening / pusing
  • Mengalami gangguan  penglihatan
  • Kulit terasa kering dan gatal-gatal
  • Mati rasa atau geli di kaki
  • Mudah terkena infeksi atau luka yang lama sembuhnya
Pada diabetes tipe 1, gejalanya berkembang dalam waktu yang singkat. Namun pada diabetes tipe 2, gejalanya berlangsung sangat lambat sehingga tidak disadari oleh penderitanya. Karena itu, apabila merasa memiliki gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar